Rabu, 25 Februari 2015

MTK 8 Lingkaran

Contoh soal di bawah ini bisa di unduh



Contoh Soal Kelas  VIII
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
1.       Hitunglah keliling lingkaran yang mempunyai panjang jari-jari 10,5 cm
2.       Hitinglah panjang diameter jika diketahui luas daerahnya 154 cm.
3.       Sudut pusat AOB dan sudut keliling ACB menghadap busur yang sama yaitu AB. Jika besar sudut AOB = 750, berapakah besar sudut ACB? 
4.       ebuah lingkaran dengan panjang jari – jari 14 cm berpusat dititik O. Titik P dan Q terletakpadalingkarandanbesarsudut POQ = 450. Berapakahpanjangbusur PQ?
 5.     Titik A dan B terletak padalingkaran O yang berjari- jari 7cm, besar sudut AOB = 450. Hitunglah luas juring AOB!
 6.     Sebuah lingkaran berpusat dititik O dengan panjang jari-jari  5 cm. Titik P di luar lingkaran dengan OP = 13 cm. Hitunglah panjang garis singgung yang ditarik dari titik P.
7.     Lingkaran O dan lingkaran P mempunyai satu titik singgung , yaitu A, AB garis singgung lingkaran. Jika AO = 9 cm, AP = 5 cm dan BP = 13 cm. Hitunglah panjang BO.
8.  Sebuah lingkaran berpusat dititik O. Garis singgung yang melalui P diluar lingkaran menyinggung lingkaran dititik A, jika besarsudut OPA =  30o.. Hitunglah besar sudut AOP.
9. Dua lingkaran O dan P berjarak 17 cm, jari-jar ilingkaran O = 11 cm dan P = 3 cm. Hitunglah panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran itu.
10.

Dua lingkaran K dan L memiliki jari-jari  5 cm dan 3 cm. Jarak K dan L adalah 17 cm. Hitunglah panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran K dan L


Tidak ada komentar:

Posting Komentar